Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu

[gandum lho ini]
Kemarin, 4 Januari 2011, setelah ngatarin temen (Dwita), saya sm temen (Hari) nonton di kontrakannya Hari. Entah bagaimana awalnya kami diskusi tentang Tepung.
Ada tepung gandum,ada tepung terigu. Saya berpendapat kalo tepung terigu itu adalah tepung gandum. Berasal dari bahan yang sama.
Tapi Hari menjelaskan bahwa tepung gandum dan tepung terigu itu berbeda, baik bentuk maupun bahannya. Karena saya tidak cukup ilmu, dan dia terlihat lebih meyakinkan dalam menjelaskan, akhirnya saya dengerin dia menjelaskan perbedaan keduanya, sampai pada bagaimana sarapan itu, apakah pake olahan terigu atau gandum. hehe..

"Gandum itu beda Doy dari Terigu. Kalau gandum itu yang ditanam sm petani2 di amerika, bentuknya kayak di iklan Choco Crun itu, sedangkan terigu itu kayak jagung, ada buletannya. Gandum kyak padi bentuknya"
"Ah, sama Jon", Hari biasa dipanggil Joni, saya biasa dipanggil Edoy.

"Beda Doy.."

"Yakin Jon?"

"Lah lihatlah di TV".

Dengan sedikit keyakinan bahwa yang dijelaskan Hari itu (agak) salah, saya akhirnya bikin pengingat di HP untuk nyari perbedaan diantara keduanya. Malam ini saya dapatkan dari Yahoo Answer.

Saya kutipkan dibawah ini:


Tepung terigu adalah tepung yang dibuat dari biji gandum, jadi tepung terigu pada dasarnya sama dengan tepung gandum.
Gandum = wheat, tepung terigu = wheat flour.
Lain halnya bila perbandingan anda adalah antara tepung terigu dengan tepung gandum utuh (whole wheat flour). Tepung terigu dibuat dari bagian dalam gandum saja (disebut wheat endosperm) setelah membuang bagian luarnya yang keras dan banyak mengandung serat (disebut wheat bran) dan bagian paling kecil dari inti biji gandum yang mengandung banyak vitamin dan mineral (disebut wheat germ).
Oleh karena itu tepung terigu cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuat kue, mie dan roti karena kadar elastisitasnya yang lebih tinggi dari tepung gandum utuh. Sedangkan tepung gandum utuh adalah tepung yang diperoleh dengan cara menggiling seluruh bagian biji gandum secara utuh, yaitu endosperm, bran dan germ. Oleh sebab itu kandungan serat dalam tepung gandum utuh mencapai 3-4 kali tepung terigu dan lebih banyak mengandung nutrien.

Di kutipkan dari pendapat lain juga seperti ini:

setau saya,
tepung terigu adalah tepung yg terbuat dari gandum juga,cuma sdh di proses sehingga lebih halus dan putih,bahkan ada yg di tambah kan zat vitamin tertentu utk memperkaya kandungan gizi nya.
kalau tepung gandum ya murni olahan gandum langsung,maka nya kasar dan berwarna kecoklatan.
tetapi kalau utk diet..lebih baik mengkonsumsi tepung gandum ini karena lebih sedikit mengalami proses pengolahan jadi lebih lama bertahan di dalam tubuh,membuat kita tidak mudah lapar,juga gampang di cerna oleh tubuh kita menjadi energi..
tapi ya itu..rasa nya kasar2 gak se sedap tepung terigu..


Ini saya kutipkan lagi dari situs sekitarkita.net:
Tepung terigu dan tepung gandum utuh ternyata sama – sama dibuat dari gandum yang membedakannya adalah proses penggilingannya, tepung terigu  [wheat flour] dihasilkan dari proses penggilingan biji gandum bagian paling dalam sedangkan tepung gandum utuh dibuat dari proses penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, perbedaan ini menyebabkan kandungan lemak dan serat tepung gandum lebih tinggi daripada tepung terigu

Berarti bener kacurigaan saya kalo gandum dan terigu itu Kembar Fanatik, eh.. Identik.
- CMIIW -

Tambahan dari Mas/Mbak Anonymous - terimakasih sebelumnya. :)

harga tepung gandum utuh ternyata lebih mahal dari pada tepung terigu.
dan ternyata dalam pengolahan tepung terigunya sendiri terkadang ditambah tepung jenis lain misalnya tapioka utk menekan harga.
dan yang pasti klo temen2 makan roti dari olahan terigu akan mudah cepat merasa lapar, tp klo teman2 makan roti dari tepung gandum utuh dijamin awet kenyangnya, makannya orang indonesia karena rotinya dari terigu,makan roti adalah sampingan karena ga bikin kenyang.




48 komentar

  1. Jhooozz,,,saya juga sempet mempertanyakan hal yang sama soalnya,,sekarang sudah tau jawabannya,,nice inpo,,makasih yaa^^

    BalasHapus
  2. wah..namanya kok hampir sama dengan nama saya yah hihihi, terima kasih untuk infonya, tepung gandum memang lebih bagus untuk diet, karena selama saya sakit, dokter menyuruh saya untuk memilih biskuit yang kandungan gandumnya banyak (bukan terigu).

    BalasHapus
  3. Iya Mba, nama kita hampir sama. :D
    Oh begitu, terimakasih Infonya ya Mba Arlina. :)

    BalasHapus
  4. trimakasih info.ny..sungguh luar biasa!

    BalasHapus
  5. maaf mau nambahi sedikit lagi, harga tepung gandum utuh ternyata lebih mahal dari pada tepung terigu.
    dan ternyata dalam pengolahan tepung terigunya sendiri terkadang ditambah tepung jenis lain misalnya tapioka utk menekan harga.
    dan yang pasti klo temen2 makan roti dari olahan terigu akan mudah cepat merasa lapar, tp klo teman2 makan roti dari tepung gandum utuh dijamin awet kenyangnya, makannya orang indonesia karena rotinya dari terigu,makan roti adalah sampingan karena ga bikin kenyang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas/Mbak,
      Tambahannya saya masukkan ke dalam tulisan diatas ya.. :)
      Kalo Mas/Mbak ada namanya atau Blog akan lebih baik, biar saya bisa taroh link blognya. :)

      Hapus
  6. Makan roti dari terigu bisa kenyang juga kalau porsinya agak banyak, tetapi kalau dibandingkan dengan roti dari gandum memang lebih mengenyangkan sepertinya. Saya izin copy dan save gambar salah satu gandum di atas, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  7. Udah 3 bulan saya diet tanpa bantuan obat2 diet, dengan mengkomsumsi buah dan sayur berbentuk buah (wortel, buncis, kcng pnjang, labu siam) tanpa makan nasi sedikitpun (saya ganti dengan tahu akhir2 ini) ditambah olahraga lari 1 x 2hr, shitup, pushup, dll, alhasil dlm 2 bln udah trun 12kg, nah kebiasaan saya suka skali makan mie aceh, sering saya makan skali dlm 3 hari, untuk melepas selera pedas saya, saya pikir terigu adalah dr gandum, bahan dasar mie, keraguan saya akhirnya terjawab, gandum olahan yg bagus ternyata tepung gandung yg ori yg petani amerika tanam yg dihaluskan keseluruhannya, singga agak kesat dan kecoklatan, kaya serat, dan sedikit dkonsumsi sngt mengenyangkan! Saya sadar, kebiasaan makan mie bakal saya tingglkan, dan kembali menyempurnakan diet saya, dengan mencari olahan tempung gandum yg aman buat diet, walau d tempat saya sangat langka skali, tp dipusat kota bakal saya cari, pasti ada, terimakasih infonya, walau diet saya sukses alami, skrng saya malah anti sekali untuk makan nasi, kendati berbagai acara kantor yg menyuguhkan nasi, saya tetap memilih air putih, atau secangkir kopi, atau memilih sayur yg sesuai dng kriteria makanan diet saya, jika ada, saya mengajak pada saudara2 temen2, untuk mengurangi konsumsi nasi, atau sehari tanpa nasi, kaya diiklan2, bisa jd penghematan juga, rubah paradigma, klau tidak makan nasi, jd lemes, sebab nasi adalah makanan pokok indonesia, saya sendiri bisa kok, ayo, pengeluaran sehari2 malah berkurng, cukup tahu 4 potng (2.400) sayur (untuk seminggu (20rb cukup) buah pepaya (kebetulan ada dikebun) jeruk, pisang, mangga, apel ijo, bergantian beli secukupnya buat sminggu (30rb) dari pada makan nasi sebungkus dan rokok (35rb sehari x sminggu) hemat, masalah kerja saya tetap fit, (walau kelihatan ​​ada capenya, tp masih lumrah, bahkan saya lebih luwes dan lincah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau makan mie, coba bihun sama misoa aja. Lebih baik daripada jenis mie yg lain. Dokter ibu saya pun bilang begitu. Kurangi tepung terigu. Gandum gak masalah.
      Atau kalo gak makan nasi, kentang aja. Kentang baby, yg kecil2 kaya yg ada di rendang. Itu bagus. Banyak makan kentang yg itu bisa ngecilin perut juga. Saya masih coba. Dokter ibu saya bilang gitu. Semoga membantu :)

      Hapus
  8. Tambhan : berat saya skarang dari 77 turun ke 64 (13 kg) skarang saya sudah terbiasa makan tanpa nasi, kulit kelihatan bersih, dari lebih memiliki rasa sabar, dikantor kadang saya kecewa pada sikap temen2 yang melakukan diet mengkonsumsi obat atau penganti nutrisi (mereka kelihatan membanggakan diri berhasil diet, dan menyebut produk dietnya yg dibeli sangat mahal skali) dan membanding2kan dirinya pd mereka yg kelihatan gendut, apapun itu kamu gendut, ceking, kamu bakal kelihatan cantik dengan sikap sebagai seorang wanita yang bertata kerama sopan dan bersahabat, sebaliknya jg dng pria, walau wajah pas2an, tp sikap sbagai pria sewajarnya menjadikan kamu pria2 hebat yang memiliki sikap, cuma menjaga kesehatan itu penting, dr pd mengobati, mendapatkan bobot badan yg pas itu bonus, ayo temen2 mulai lah hidup sehat, sminggu yg lewat saya kehilangan sahabat baik karena serangan jantung, sebelumnya seorang temen dekat saya juga meninggal gara2 mengabaikan kesehatan matanya, akhirnya dioperasi, dan menghembskan nafas terakhir 3 hari setlh operasi, tetangga saya (22 th) meninggal karena jantung, dan selanjutnya temen satu kantor, mendadak meninggal, ( september sampai skrng sdh, sdh 4 orang terdekat, meninggal dunia) doa dan cerita ini saya dedikasikan pada sahabt2 saya di alam sana. Smoga Allah melapangkan dan mengampuni dosa2 mereka, dan memberikan kedamaian disana. Amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih tambahannya Mas..
      Bermanfaat..

      Hapus
    2. saya sempat juga menjalani diet tanpa makan nasi, tapi ternyata rambut saya rontok, saya baca di google nasi juga berpengaruh pada kekuatan akar rambut, jadi saya ganti beras biasa ke beras merah, dan sayur ternyata tdk cukup, kacang spt kcg hijau, almond, kedelai jg harus dikonsumsi setiap hari spt sayur,( asalkan jgn kcang tanah), mnyk goreng saya ganti dengan sunflower/ canola oil. skarang tubuh saya lbh fit, kulit saya terlihat segar dan wajah jg terlihat lbh muda dr usia saya yg 29 thn. saya gk terlalu byk brharap pd kosmetik atau treatment di salon, karna kecantikan yg murni hanya bs didapat dr pola hidup n makanan yg sehat.

      Hapus
    3. Wahh info yang bermanfaat guys jadi termotivasi niih mulai pola hidup sehat

      Hapus
  9. mas mnt infonya, untuk dapetin tepung biji gandum murni dg hrg grosir dmn ya. mksh sblmnya tlg info ke email ya. alwaliy.sjt25@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas, saya kurang tau.. :D

      Hapus
    2. masih minat tepung biji gandum murni gan? Kl iya ada nich saya.. Harga range 65rb sd 75rb/kg.. Tapi belinya per 25kg ya gan.. Mau kah?

      Hapus
  10. akhirnya saya tau dengan jelas perbedaanx,,krn sempet debat sama pnjual warung pas beli gandum dikasih terigu..tpi ya gmn lg sya ga bisa jelasin apa perbedaanx krn dia ngotot blg klo gandum ya terigu...xixixi skrg sya udh tau,,makasih ya ciiinn infonya

    BalasHapus
  11. oalah bgtu tenyata perbedaanny, aq jg smpt debat ma tmn. tmn blg "sama aj terigu n gandum". aq blg "gk lah beda, dari hrg aj ud jelas bd bgt". ternyata oh ternyata...., bsk aq jelasin k tmn aq dech. makacih y infony.... :D

    BalasHapus
  12. baru tau mkasih infonya...lengkap banget ...

    BalasHapus
  13. Wah gandum mengandung lebih banyak protein drpd terigu,apalagi nasi, terus indonesia yg ga bisa produksi gandum/terigu jd impor terus, ckckckckc miris, pangan lokal semakin diremehkan

    BalasHapus
  14. sedikit tambahan, tepung terigu di milling (penggilingan) halus makanya yg tersisa cuma endosperm nya aja (bagian tepung berwarna putih), sedang tepung gandum di milling kasar makanya germ & bran ikut kebawa jadi warna agak kecoklatan. dan kenapa tepung terigu tidak baik bila kita konsumsi terus menerus? itu dikarenakan terigu mengandung gluten (sejenis protein yg tidak mudah larut dlm tubuh) yg tinggi dan pada terigu ditambahin zat kimia lain, ex : zat besi, pemutih dll.

    BalasHapus
  15. Sekedar Informasi:
    Di indonesia ada singkong yang bisa diolah menjadi Mocaf yang bisa menggantikan terigu dan bebas gluten, sehingga lebih sehat di konsumsi dan bisa sebagai makanan diet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu mas sigit ,,karena sekarng saya bekerja pada perusahaan produsen tepung mocaf/ tepung singkong gluten free .. hehe

      Hapus
  16. artikel bagus, kira-kira gandum bisa ditanam ngga ya di Indonesia karena kita biasa nya beli tepung terigu itu impor..siapa tau bisa tanam disini.

    BalasHapus
  17. Mau nambahi.Jum’at, 03 September 2004 | 22:40 WIB

    TEMPO Interaktif, Pasuruan: Prospek pengembangan gandum di Indonesia sangat menjanjikan. Buktinya, gandum yang termasuk tanaman daerah beriklim dingin (subtropis) ini sudah bisa tumbuh dengan baik di negara tropis seperti Indonesia. Bahkan produksinya sudah lebih bagus daripada India, tempat asal bibit gandum yang diimpor Indonesia.

    “Di sini, produksi gandum kami cukup bagus, sekitar 3,5 ton per hektare. Sedangkan di India hanya 2,5 ton per hektarenya,” kata Yuli Sungkowo, mantri tani Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, menjawab pertanyaan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Siswono Yudo Husodo, usai pencanangan panen gandum di Dusun Ngawu, Desa Podokoyo, Tosari, Jumat (3/9) siang...
    Mw tanya, gandum utuh sama beras utuh bagusan mana?

    BalasHapus
  18. Mau tanya gan, klw mau beli tepung gandum dmn ya.. !!!

    BalasHapus
  19. kalo ada yang butuh tepung mocaf gluten free,,bisa contact nirmala 081244918819
    tepung mocaf bagus untuk diet ,,dan merupakan tepung sehat .. :)

    BalasHapus
  20. Akhirnya tau juga asal usulnya..makasih infonya...jadi tau..coz lg suka bikin roti..jd penasaran..tepung terigu itu dari apa..

    BalasHapus
  21. Nice info. Satu lagi produk diet cocok utk penderita diabetes. Sorghum. Bentuknya mirip jagung.tapi buahnya mirip gandum dan gluten free. Lebih mengenyangkan dari nasi. Satu mangkok nasi 200 gr tahan diperut kurleb 4-5 jam. Tapi satu mangkuk sorghum 200gr tahan dari jam 7 sampai jam 5 sore (kaya jam kerja aja).kaya serat.bisa dijadikan produk pangan seperti roti.kue.bolu.dodol.dll. warnanya tepungnya agak coklat seperti gandum utuh. Saya tanam dikebun sendiri.dan saya konsumsi setiap hari. Bila berniat pesan .silahkan email

    BalasHapus
  22. Nice info. Satu lagi produk diet cocok utk penderita diabetes. Sorghum. Bentuknya mirip jagung.tapi buahnya mirip gandum dan gluten free. Lebih mengenyangkan dari nasi. Satu mangkok nasi 200 gr tahan diperut kurleb 4-5 jam. Tapi satu mangkuk sorghum 200gr tahan dari jam 7 sampai jam 5 sore (kaya jam kerja aja).kaya serat.bisa dijadikan produk pangan seperti roti.kue.bolu.dodol.dll. warnanya tepungnya agak coklat seperti gandum utuh. Saya tanam dikebun sendiri.dan saya konsumsi setiap hari. Bila berniat pesan .silahkan email

    BalasHapus
  23. Memang benar bahwa tepung terigu berasal dari gandum. TETAPI, penggunaan istilah `tepung gandum` di Indonesia ini diartikan sebagai tepung "gandum utuh" (whole wheat flour).
    Contohnya: Indofood Bogasari brand `Taj Mahal`. Tidak seperti brand tepung terigu lainnya (Segitiga Biru, Kunci Biru, Cakra Kembar), brand Taj Mahal ini pada kemasannya tertulis `tepung gandum` (bukan tepung terigu).

    BalasHapus
  24. terimakasih sudah berbagi informasi tentang Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu

    BalasHapus
  25. Terimakasih banyak, informasinya bisa mengakhiri perdebatan antara saya dan istri di dapur 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo bacaan ini bisa mencegah perang dunia ke 3 Mas. Salam Damai. #Eh

      Hapus
  26. Bukannya tepung terigu itu terbuat dari terigu ya? 😅😅😅
    Hehe
    Terimakasih Informasinya 😄

    BalasHapus
  27. Oh ternyata.. kini aku sdh tau.. trims infonya..

    BalasHapus
  28. Ternyata begitu
    Saya sampai merasakan pasti sama
    Setelah di jelaskan
    Alhamdulillah
    Sudah tau
    Terimakasih informasinya

    :)

    BalasHapus
  29. Makasih, ini juga jadi bahan perdebatan dng ibu saya, yg nota bene lulusan sekolah Asistent Apoteker ( SAA, sekarang SMF ), kesimpulannya: Terigu adalah bagian dari Gandum, tks

    BalasHapus
  30. Terimakasih. Sangat bermanfaat pembahasannya mas ��

    BalasHapus
  31. Halo Yode Arliando,
    Makasih ya tulisannya, seperti yang lain2 aku jadi lebih tau deh sekarang, hehe. Ditunggu info2 lainya ya.
    Salam.

    BalasHapus
  32. Mau tanya ada yang tau ngak bhan dasar membuat makaroni

    BalasHapus
  33. dari banyak referensi. ini yg paling keren. tapi ada sedikit yang kurang secara kepenulisan ilmiahnya. sumbernya. padahal sayng sekali kontennya bagus

    BalasHapus
  34. Informasi yang sangat berguna sekali... untung nemu disini, padahal udah lama cari tahu nih info...

    BalasHapus

Mari komentar dan berdiskusi...
EmoticonEmoticon