Install Ubuntu Make

Assalamu'a'alaykum.
Gimana kabarnya? Udah mandi belom?

Alhamdulillah saya sehat, sekarang jam 03.07 AM. Sedang tidak bisa tidur. Padahal besok ada visitasi dari BAN PT untuk akreditasi Prodi Administrasi Publik. Harus standby jam 08.00 AM di kampus. Kebetulan termasuk yang jawab pertanyaan seputar akademik. Gak nanya ya? Oke gpp.. Hahaha..

Malam ini saya nginstall Ubuntu Make. Apa itu Ubuntu Make? Nih, silahkan dibaca:
Ubuntu Make is a command line tool which allows you to download the latest version of popular developer tools on your installation, installing it alongside all of the required dependencies (which will only ask for root access if you don't have all the required dependencies installed already), enable multi-arch on your system if you are on a 64 bit machine, integrate it with the Unity launcher. Basically, one command to get your system ready to develop with! 
Gimana, ngerti kan ya? Sumbernya dari sini --> https://wiki.ubuntu.com/ubuntu-make. Nanti bisa dibaca-baca lagi disana ya.. Nginstallnya gampang, disarankan nginstallnya lewat PPA supaya dapat update-an terbaru dari software bersangkutan.

Berikut langkahnya bro:
  1. Buka Terminal Panorama, ketikkan:
    sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-desktop/ubuntu-make
    sudo apt update
    sudo apt install ubuntu-make
  2. Tunggu sampai selesai.
  3. Tadaaa selesai deh, gampang kan?
Untuk apa saja yang bisa dilakukan oleh Ubuntu Make, tinggal ketikkan saja
ubuntu make --help

Kita bisa liat apa saja yang bisa disediakan oleh Ubuntu Make, tinggal sesuaikan dengan apa yang kita butuhkan. Contohnya disini saya mau install netbeans, tinggak ketikkan:
umake ide netbeans

Demikian ya..
Tidur dulu kita bro, lumayan 1 jam.
Semoga bermanfaat...

0 Comments

Mari komentar dan berdiskusi...