Baca juga gais

Sunday, December 17, 2017

CARA MENCARI JURNAL-JURNAL BERKUALITAS

Assalamu'alaykum.
Note: Tulisan ini saya copy paste sebagai tulisan untuk saya simpan sendiri, syukur-syukur jika bisa bermafaat untuk semua yang nyasar kesini. Tulisan ini milik Bapak Hafnidar Hasbi.


https://www.pexels.com

Ini sharing untuk para schoolar yang membutuhkan, juga buat Bapak Ibu dosen se-Indonesia yang lagi kejar deadline proposal hibah Kemeristek Dikti 2018.
Mau cari jurnal-jurnal berkualitas tidak mesti duduk di Lib yang sdh berlangganan ribuan Jurnal, dari dalam bilik kamar tidur pribadi juga bisa, Insya Allah...
Semoga cara ini bermanfaat...

Jurnal-jurnal internasional yang berkualitas identik dengan jurnal-jurnal yang di-index oleh Scopus dan ISI
(Di sini saya tidak mau memabahas apa pentingnya Scopus dan ISI, yang mau menerima ayuuuk yang tidak juga nggak apa2).
Jurnal grade 1 itu dibawah bendera ISI.

Cara mengaksesnya adalah......
Buka link http://ip-science.thomsonreuters.com/mjl/
Jurnal grade 2 dibawah indexing Scopus
ada di link : http://www.scimagojr.com/
Di Indonesia kita sering membicarakan Scopus, jarang mempermasalahkan ISI

BERIKUT CARA MENGAKSES JURNAL-JURNAL YANG ADA DI BAWAH INDEXING ISI & Scopus:
  1. Buka link thomsonreuters atau schimagorj (pilih salah satu)
  2. Lalu masukkan key word Jurnal yang mau dicari, dimana kira-kira jurnal apa ya namanya yang ada membahas tentang topik kita. Misal Topik moral dalam profesi akuntansi tentu berbeda bahasannya dengan moral dalam pendidikan. Jia kita sedang menulis tentang moral murid-murid di sekolah maka bagus kita masukkan nama jurnlanya dengan kata kunci..."Moral Education" atau "Educational Psychology", dll, bisa coba-coba sendiri.
  3. Kalo sudah keluar list nama-nama Jurnal yang ada membicarakan tentang apa yang kkita cari itu, maka kita tinggal buka jurnalnya satu-satu.
  4. Misal untuk topik moral salah satu nama jurnalnya adalah "ETHICAL THEORY AND MORAL PRACTICE", maka buka jurnalnya, lalu masukkan kata kunci dari judul yang mau kita cari. Kata kunci di sini sudah mulai menjurus ke tema tulisan kita. Misal saya sedang menulis tentang "moral maturity" karena ada beda-beda lah bahasannya dengan "moral intellegence" atau "moral reasoning".
  5. Jangan lupa batasi tahun yang ada di kolom sebelah kiri. Jika mau yang terbaru maka masukan thn 2017, atau rentang 5 tahun maka 2012 - 2017; bisa batasi juga mau paper dari jurnal saja atau buku juga, dll.
  6. Kalo sudah keluar artikelnya, langsung saja klik di judul artikelnya, jangan heran....kita akan banyakk menemukan artikel yang tidak bisa kita ases isinya, dan kemudian muncul penawaran pembelian, tidak perlu sedih, itu wajar karena kita berada di bilik kkamar pribadi bukan di Library.
Di Lib sekalipun, tidak semua jurnal bisa diakses, krn harga jurnal ini mahal, jutaan bahkan sampai milyaran untuk paket langganan, tidak semua kampus mampu membelinya dari semua jenis. Maka cara berikut bisa dilakukan untuk membntu kita, jangan lupa sesekali lakkukan donate untuk membantu program free akses ini bisa berjalan lancar terus menerus :)


  1. Copy nomor DOI yang ada pada artikel yang kita buka barusan. nomor DOI ini biasanya dimulai dari angka 10
  2. Lalu paste kan ke link: sci-hub.cc atau sci-hub.bz
  3. Jika bisa diproses akan keluar permintaan memasukkan kode dimana perintahnya bukan dalam bahasa inggris. Tapi insya allah melihat gambarnya kita tahu itu tinggal masukkan kode sesuai yang muncul disebelahnya.
  4. Jangan lupa download kalo artikelnya sdh kebuka, fasilitas download ada di sebelah kiri layar yang berbentuk tanda panah ke bawah, tulisannya bukan dalam english jadi tdk perlu bingung ya, yakin aja itu akses untuk download.
Kalo sudah dapat artikelnya langung didownloadnya, karena kalo disimpan saja tanpa mendownload, maka kita tidakk bisa membacanya lagi dalam keadaan offline, jadi jangan lupa download dulu baru simpan

Silakan mencoba bagi yang berminat.
Dalam perspektif ini, Proposal yang baik itu base on Jurnal, karena Jurnal dianggap lebih update, bahkan teori-teori yg sudah mapan dalam buku bisa dibantah oleh artikel-artikel dalam Jurnal.
Teruta,a latar belakang masalah, problem statement, literature review, semua harus ditulis base on Jurnal.
Pembacaan yang baik akkan menghasilkan tuisann yang baik, oleh karena itu hati-hati milik Jurnal, banyak Jurnal abal-abalan berseliweran di dunia maya, semoga bermanfaat dan sukses.

Sumber: Hafnidar Hasbi

No comments:

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...