Recents in Beach

10 Hal Yang Merusak Presentasi

Berikut inilebih tepatnya adalah salinan dari tulisan seorang dosen dari UGM, Beliau adalah Bapak I Made Andi Arsana. Saya salin juga disini karena meyakini akan bermanfaat bagi para pembaca.
  1. Ngobrol sama layar, tidak sama peserta. Kadang juga ngobrolnya sama lantai atau langit-langit. Tips: letakkan laptop di depan sehingga bisa 'ngintip' presentasi kita di laptop (bukan di layar) shg posisi tubuh tetap menghadap audiens, tidak membelakanginya.
  2. Copas isi paper ke presentasi. Biasanya latar belakangnya panjang. Ingat, ini power point, bukan power sentences apalagi power paragraphs. Bukan!
  3. Huruf doang, miskin gambar dan tanpa animasi. Pasti ga bisa bikin animasi ya!? Makanya belajar!
  4. Lupa waktu. Kebablasan. Remnya blong kali ya 😞
  5. Lupa berinteraksi. Tidak menyapa audiens atau panitia. Sombong apa grogi?
  6. Tidak pakai latihan. Kalau begini biasanya transisi dari satu slide ke slide lainnya jadi ada bengongnya. Kaya kaget ngelihat slide sendiri. Pasti dibuatkan ya, terus ga sempat dibaca.
  7. Bicara kecepetan. Ini bisa terjadi karena sdh biasa membawakan materi yang sama. Ingat, pembicara dan materinya bisa sama tapi kan audiens-nya ngga sama. Atau sama juga? Lha ngapain presentasi hal yang sama di depan orang yang sama?
  8. Menjadikan power point sebagai media layaknya plastik transparan. Hanya berisi tulisan statis saja. *kalau kamu ngerti poin ini tanpa penjelasan, mungkin kamu sdh cukup tua.
  9. Melafalkan kata-kata Indonesia seperti logat Inggris mentang-mentang lagi presentasi dlm Bhs Inggris. Salatiga, bukan Salachiga. Boyolali, bukan boyolalai, apalagi forgetful crocodile. Bukan!
  10. Menggebu-gebu untuk sesuatu yang tidak perlu. Untuk bisa didengerin, gak harus teriak konstan selama presentasi. Santai aja kenapa?!

https://uxplanet.org

Post a Comment

0 Comments