Recents in Beach

Tips Membuat Proposal Skripsi

Untuk yang terdampar di tulisan ini, bisa jadi anda sedang bingung dan mencari informasi bagaimana membuat proposal skripsi.

Berikut kembali tulisan dari Bapak I Made Andi saya salinkan sebagai pengingat untuk saya dan juga yang lainnya.
  1. Tema skripsi tidak ditanyakan tapi dicari dengan cara membaca penelitian sebelumnya dalam bentuk skripsi atau artikel jurnal atau laporan, dll.
  2. Dengan membaca, kamu jadi tahu apa yang sudah ada atau sudah diteliti orang lain. Dengan mengetahui apa yg sudah ada atau sudah dilakukan orang lain kamu jadi tahu apa yang belum ada atau belum dilakukan orang lain. Itu yang namanya research gap.
  3. Dengan mengetahui research gap, kamu bisa usulkan penelitian untuk mengisi kekosongan itu. Intinya, melakukan penelitian terhadap sesuatu aspek/hal yang belum dilakukan orang lain. Dalam hal ini, objek penelitian bisa saja sama. Ini namanya filling the gap.
  4. Bagaimana proses kamu melakukan penelitian untuk mengisi kekosongan itu? Itu namanya metodologi. Apa yang kamu perlukan untuk melaksanakan penelitian itu? Itu namanya alat dan bahan.
  5. Apapun penelitianmu, mau S1, S2, S3 atau S16, pola proposalnya harus mengandung: apa yg sudah ada, identifikasi apa yang belum ada, lalu isi yg belum ada itu dengan penelitianmu.
Jika belum bisa menceritakannya dengan sederhana, kamu belum siap meneliti.

Post a Comment

0 Comments