Auto Shutdown pada Ubuntu

Netsains.com – Sering kali saya sulit untuk tidur. Agar memudahkan saya untuk tidur yaitu dengan mendengarkan lagu yang ada pada komputer, operating system yang digunakan adalah Ubuntu 10.04. Saya sering kali mengutak-atik terminal Ubuntu, untuk mencari script perintah bagaimana supaya Ubuntu bisa shutdown secara otomatis sesuai keinginan kita, karena ragu untuk dengan script nya. Akhirnya saya googling, dan ketemu script perintah shutdown. Berikut adalah script commad yang saya gunakan untuk men-shutdown komputer.

1. buka terminal ubuntu, Application → Accessories → terminal ( atau tekan Ctrl+Alt+T pada keyboard)
2. karena harus memiliki akses root untuk script command ini, maka pindah dulu menjadi root dengan mengetik sudo su, kemudian masukan password anda.
3. Trus ketik command/perintah shutdown -h +90
4. Jika tidak menggunakan cara no2, bisa juga dengan perintah sudo shutdown -h +90, kemudian masukan password anda
5. lalu akan muncul
Broadcast message from yunna@yunna-desktop
(/dev/pts/0) at 22:28 …

The system is going down for halt in 90 minutes!
6. Maka komputer akan shutdown setelah 90 menit

keterangan:
shutdown -h = perintah untuk shutdown berdasarkan waktu
+90 = lamanya waktu dalam menit (jika 90 maka lamanya 90 menit) atau bisa waktunya misal pukul 23.30 jadi perintahnya shutdown -h 23:30 (akan shutdown jika waktu menunjukan pukul 23.30.
(/dev/pts/0) at 22:28 = proses shutdown dimulai dari pukul 22.28
sebaiknya jangan menutup Terminal pada saat ubuntu sedang counting down untuk shutdown, karena jika ingin membatalkan perintahnya kita bisa menekan Ctrl+C pada keyboard, dan juga kita tau sisa waktu countdown shutdown.
Sumber dan bacaan lebih lanjut:

0 Comments

Mari komentar dan berdiskusi...