Install Driver Broadcom Dell Inspiron 1440 untuk Linux Mint 20.04

Sudah lama rasanya tidak posting lagi tulisan di blog ini. Kali ini posting tengah malam. Btw, malam ini bulannya sedang terang sekali kayak lampu LED.

Lajut ya, malam ini menunaikan janji kepada sang istri untuk nginstall ulang linux mint-nya di laptop lawas Dell Inspiron 1440. Itu laptop istri sejak kuliah S1, masih nyala dan baik2 saja sampai dengan detik ini. Seringnya buat muter Youtube anak gadis kami, Nameera.

Menentukan Partisi

Jika dilihat dari saat saya menentukan partisi yang diinsitall, terdapat 2 OS, yaitu Elementary dan Linux Mint 13.

Nah, yang akan diinstall adalah Linux Mint 20 yang akan menggantikan Linux Mint 13. Dari 13 ke 20, sudah sekitar 7 tahun laptop itu bertahan dengan Mint-nya.

Seperti saat muda dulu, Driver broadcom ini selalu gak include saat diinstall. Tau gak kenapa? Kalo gak tau, cari tau di mbah google ya. :D

Akhirnya, setelah selesai install ulang, giliran driver wireless broadcom yang perlu diinstall. Karena ini sudah lama dan banyak orang yg terkendala dengan ini, sudah pasti banyak juga solusinya.

Drivernya saya dapatkan dari sini:
https://ubuntu.pkgs.org/20.04/ubuntu-restricted-amd64/bcmwl-kernel-source_6.30.223.271+bdcom-0ubuntu5_amd64.deb.html

Tinggal download yang udah jadi aja, berekstensi .deb
Kemudian install dengan perintah yang sudah pasti anda tahu.

Proses Instalasi driver broadcom selesai

Ternyata nginstallnya cukup lama, maklum ini mesin juga sudah lama. Dell Inspiron 1440 ini masih berprocessor Core 2 Duo.

Zaman kami kuliah dulu, ini termasuk kenceng, sebelum muncul pendatang lain yang merusak dunia persilatan.

Jadi begitulah cerita malam ini, instalasinya gampang, cari solusinya juga gampang, ngetik postingan ini aja yang agak malas.
Gak terasa, ternyata udah jam 1 pagi.

Sekian, terimakasih kalo ada yang nyasar kesini..

0 Comments

Mari komentar dan berdiskusi...