Perbedaan Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi, dan PCR

Sering mendengar beberapa istilah Rapid Test? Misalnya Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi, dan PCR. 

  1. Rapid Test Antibodi
    Rapid test antibodi hanya untuk melihat keberadaan antigen dan antibodi. Pengujian ini biasa dilakukan melalui pengambilan sampel darah dari tubuh pasien. Harga rapid test antibodi dibanderol kisaran Rp85.000 per test dengan hasil memakan waktu 15 menit sejak pemeriksaan.
  2. Rapid Test Atigen
    Rapid test antigen merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi protein virus Corona (antigen) yang terdapat pada bagian dalam hidung dan tenggorokan.
    Petugas kesehatan akan mengusap (swab test) bagian dalam hidung dan tenggorokan untuk mengambil sampel. Rapid test antigen berfungsi untuk mendeteksi virus lebih dini atau dalam 7 hari pertama sejak munculnya gejala Covid-19. Test ini juga memiliki biaya yang lebih terjangkau dan waktu hasil pemeriksaan yang lebih cepat, yaitu berkisar 15 sampai 30 menit. Rentang harga yang ditawarkan mulai Rp250.000 - Rp385.000 per test.


  3. PCR atau Swab Test
    Teknologi Polymerase Chain Reaction (PCR) merupakan test yang mendeteksi penyakit dengan mencari jejak materi genetik virus Covid-19 pada sampel. Test PCR dilakukan dengan swab atau usap hidung atau tenggorokan.


    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menganggap pengujian PCR sebagai standar pengujian Covid-19. Test PCR memberikan hasil paling akurat walaupun memerlukan waktu yang lebih lama. Selain itu test PCR hanya bisa dilakukan tenaga yang sudah terlatih karena membutuhkan peralatan dan bahan kimia khusus yang dikenal sebagai reagen
    Tarif test PCR bervariasi mulai Rp875.000 - Rp2,5 juta per test dengan hasil maksimal waktu 24 jam setelah pemeriksaan
Begitulah perbedaannya. Dikutip dari:
https://twitter.com/pnugroho28/status/1339815698332229632

0 Comments

Mari komentar dan berdiskusi...