Tools Untuk Social Media Analytics

Social media analytics (SMA) merupakan sebuah instrumen dari analisis sosial, dan merupakan suatu proses pengumpulan data dari percakapan pada media digital.

Sebelum diproses, data tersebut dikumpulkan. Data ini kemudian disiapkan untuk diproses menjadi wawasan terstruktur yang mengarah pada keputusan bisnis yang lebih didorong oleh informasi dan meningkatkan sentralitas pelanggan untuk merek dan bisnis.

"Social media analytics adalah seni dan sains untuk menggali wawasan tersembunyi yang berharga dari sejumlah besar data media sosial semi-terstruktur dan tidak terstruktur untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang diinformasikan dan berwawasan luas."
- Khan G. F. (2015)

Dalam melakukannya, ada beberapa tools atau alat yang bisa digunakan untuk melakukan sosial media analytics ini. Berikut ini akan dituliskan beberapa diantaranya.


  1. Facebook Insight
    Ini fitur bawaan, gratis, dan lengkap. Hanya untuk fanpages, tidak bisa bisa untuk profile.
    Menu paling berguna adalah : pages to watch di bagian bawah overview, fans, reach, posts, people.
     

  2. Twitter Insight
    Untuk mengetahui tingkat performances dari seuah akun dan tweet.



  3. trackmyhashtag.com
    Situs ini dalap melakukan banyak hal, diantaranya: Real-time Hashtag Tracking of Twitter Campaign, Measure and Analyze Hashtag Campaigns, Find Key Influencers of Any Twitter Campaign, Get Twitter Historical Hashtag Data, Competition Analysis, dan lain sebagainya.


  4. socialblade.com
    Social Blade memberi semua pengguna akses ke database publik, dengan menggunakan teknologi canggih, mampu memberi analisis global untuk pembuat konten, streaming langsung, atau merek apa pun. Baik mencari pembuat YouTube populer, atau streamer Twitch yang memainkan game tertentu, Social Blade siap membantu semuanya.


  5. TubeBuddy.com
    Ini extension chrome. Cukup canggih dan lengkap untuk melihat statistik semua channel Youtube yang kita kunjungi. Yang free juga sudah cukup keren.


  6. Socialbakers.com
    Membantu brand bekerja dengan cerdas di media sosial melalui pemasaran yang didukung AI. Socialbakers adalah mitra pemasaran media sosial tepercaya untuk ribuan merek perusahaan dan UKM, termasuk lebih dari 100 perusahaan dalam daftar Fortune Global 500. Memanfaatkan kumpulan data media sosial terbesar di industri dan pembelajaran mesin, rangkaian solusi pemasaran Socialbakers membantu merek memastikan investasi mereka di media sosial memberikan hasil bisnis yang terukur.


  7. fanpagekarma.com
    Fanpage Karma adalah alat online untuk analisis dan pemantauan media sosial.
    Ini membantu manajer dan agensi media sosial untuk melibatkan penggemar dengan lebih baik dan menjangkau komunitas yang berkembang di jejaring sosial.

Sekian dulu, kapan-kapan dilanjutin..

0 Comments

Mari komentar dan berdiskusi...